Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Mendikdasmen Tegaskan Peran Pendidikan Jadi Investasi Jangka Panjang Generasi Muda
Mendikdasmen Tegaskan Peran Pendidikan Jadi Investasi Jangka Panjang Generasi Muda

Diterbikan pada: 29 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 29 Oktober 2025 — "Skor Programme for International Student Assessment (PISA)  Indonesia terus menurun sejak 2006. Apa yang salah dengan sistem kurikulum di Indonesia?" Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Ninasapti Triaswati, seorang peserta Sarasehan 100 Ekonom Indonesia kepada Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti di dalam acara sarasehan yang mengusung tema Resiliensi Ekonomi Domestik sebagai Fondasi Menghadapi Gejolak Dunia, Selasa (28/10).

Merespons hal tersebut, Abdul Mu’ti menekankan bahwa menjadi tantangan tersendiri dalam hal mengubah persepsi Sains (Science), Teknologi, Teknik (Engineering), dan Matematika (STEM) yang sering dianggap momok menakutkan dan susah dipelajari. “Kemendikdasmen telah menggulirkan Gerakan Numerasi Nasional, sebuah gerakan yang membangun budaya numerasi sejak dini dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak Indonesia tidak hanya terampil berhitung, tetapi juga memiliki kemampuan berpikir kritis, logis, dan adaptif dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menteri Mu’ti di hadapan peserta sarasehan yang sebagian banyak merupakan Ekonom Indonesia, menjelaskan konsep pendekatan yang disebut STEM 3M. “Yaitu bagaimana mempelajari STEM dengan Mudah, Murah, dan Menarik. Kami mendorong Matematika mulai diajarkan dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), lewat konsep dasar dan kegiatan bermain logika yang sederhana,” tegasnya.

Kemudian, Abdul Mu’ti menguraikan beragam tantangan utama dunia pendidikan yang saat ini sedang dilakukan pembenahan oleh Kemendikdasmen. “Pertama adalah pemerataan akses pendidikan, khususnya bagi daerah 3T yang hingga kini masih menghadapi keterbatasan sarana dan tenaga pendidik. Kedua adalah kesenjangan mutu pendidikan yang masih terlihat antarwilayah, antara sekolah negeri dan swasta, maupun antara kawasan perkotaan dan pedesaan. Ketiga adalah peningkatan kualitas lulusan murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” jelasnya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Kemendikdasmen menetapkan sejumlah program prioritas. Program tersebut di antaranya adalah revitalisasi 16.140 satuan pendidikan dan percepatan perbaikan infrastruktur sekolah, digitalisasi pembelajaran melalui penyediaan Papan Interaktif Digital/Interactive Flat Panel (IFP), laptop, materi ajar digital, dan pelatihan guru. 

Selain itu, peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG), peningkatan kualifikasi akademik, serta pelatihan deep learning, coding, kecerdasan buatan, dan bimbingan konseling. “Secanggih apapun teknologi, guru tetaplah agen peradaban. Karena itu, kualitas guru harus menjadi prioritas,” ujarnya.

“Mengacu kepada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, pembelajaran dapat ditempuh melalui tiga jalur yaitu formal di sekolah resmi dengan kurikulum nasional, informal melalui kegiatan komunitas, dan non-formal lewat program terstruktur seperti paket penyetaraan A, B, C dan homeschooling. Saat ini, Kemendikdasmen telah memberikan ruang atau perhatian ekstra terhadap homeschooling,” tekan Menteri Mu’ti.

Sejatinya, pendidikan bukan hanya tentang gedung sekolah, namun tentang memastikan setiap anak Indonesia, di mana pun mereka berada, mendapat akses belajar yang berkualitas."Kami ingin memastikan semua anak usia sekolah mendapatkan pendidikan bermutu untuk semua, tanpa ada yang tertinggal,” tutur Menteri Mu’ti.

Abdul Mu’ti menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan tidak dapat ditanggung pemerintah semata. Dibutuhkan partisipasi semesta. Sekolah, keluarga, masyarakat, dan media merupakan empat ekosistem yang harus bersinergi dalam mendukung investasi jangka panjang generasi muda.

Terkait dengan lulusan SMK, Abdul Mu’ti menyinggung strategi yang dijabarkan lewat kebijakan Kemendikdasmen yaitu Program Pengembangan SMK Tahun 2025. “Strategi tersebut yakni Program SMK Pusat Keunggulan Skema Penguatan Pembelajaran Mendalam, Program Pengajaran Berbasis Pabrik Teaching Factory (TeFa), Program Proyek Kreatif dan Kewirausahaan, Program Penguatan Akses Kebekerjaan Luar Negeri, Program Sertifikasi Bahasa Asing Murid SMK, dan Program Sertifikasi Kompetensi Murid SMK.”

“Pesannya jelas, yaitu bagaimana menghasilkan sumber daya manusia lulusan SMK yang adaptif, kompeten, dan meningkatkan relevansi pendidikan SMK dengan kebutuhan dunia kerja, industri, dan pasar global,” sambung Menteri Mu’ti.

Pendidikan bukan hanya soal transfer pengetahuan, tetapi juga tentang upaya kolaboratif dalam membangun peradaban. Karena itu, kolaborasi semesta menjadi kunci agar investasi jangka panjang menuju generasi emas 2045 benar-benar lahir dan mampu membawa Indonesia menuju bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.*** (Penulis: Andrew/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Cepi)
 
Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers
 
#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 699/sipers/A6/X/2025

Penulis: Andrew

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Widyaprada Summit 2025: Bersama Widyaprada, Mutu Pendidikan Terjaga

Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Sekjen

Diterbitkan pada : 05/12/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Serahkan Bantuan di SMA Negeri 1 Batang Anai Sumatra Barat

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 04/12/2025

Gambar Konten Terkait
Pemerintah Perkuat Akses Pendidikan Bermutu di Kawasan 3T dan Sekolah Swasta

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 04/12/2025