Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Pendidikan Layanan Khusus, Strategi Mewujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua
Pendidikan Layanan Khusus, Strategi Mewujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua

Diterbikan pada: 19 Juli 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 18 Juli 2025 - Pendidikan Bermutu untuk Semua memastikan setiap anak mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas. Melalui program pendidikan layanan khusus, pemerintah memfasilitasi pemerataan kesempatan pendidikan yang bermutu tanpa memandang latar belakang kondisi anak, baik sosial, ekonomi, maupun geografis mereka.

Berbicara dalam acara “Bincang Santai Seputar Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus”, Jumat (18/7), Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Tatang Muttaqin, mengatakan bahwa saat ini masih terdapat anak usia sekolah yang tidak sekolah (ATS) dengan berbagai latar kondisi, mulai dari ekonomi, sosial, hingga geografis, di mana mereka kesulitan untuk menjangkau fasilitas layanan pendidikan, seperti anak-anak di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).    
 
Oleh karena itulah, lanjut Dirjen Tatang, ruang lingkup pendidikan layanan khusus yang menjadi salah satu tugas Direktorat Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) adalah untuk menjangkau apa yang selama ini tidak terjangkau dan melayani yang belum terlayani. 

“Misalnya seperti anak-anak buruh migran, atau mereka yang ada di daerah 3T, perbatasan, anak-anak suku pedalaman sampai anak-anak korban bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial,” ujar Dirjen Tatang.

Pemerintah, lanjut Tatang, terus berupaya untuk mendorong partisipasi semesta untuk menjangkau kelompok marjinal dan anak-anak di daerah 3T tersebut melalui pelibatan pemerintah daerah, relawan pendidikan, komunitas masyarakat, hingga perguruan tinggi. 

“Kami di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus melalui Direktorat Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus kemudian mengembangkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada jenjang pendidikan menengah, yang menjadi salah satu program prioritas di Direktorat PKPLK,” kata Tatang.


Peta Jalan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Saat ini, pemerintah, lanjut Tatang, tengah menyiapkan peta jalan penerapan kebijakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sebagai salah satu solusi masa depan mewujudkan pendidikan bermutu untuk semua dengan memberikan akses seluas-luasnya bagi anak usia sekolah. Peta jalan ini akan merangkum tahapan demi tahapan terkait implementasi PJJ.

Sebagai tahap awal, pemerintah sedang mempersiapkan dan mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung PJJ. Pemerintah juga melakukan pemutakhiran kebijakan dan regulasi untuk mendukung implementasi PJJ serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang PJJ.

"Dalam waktu dekat kami juga akan melakukan uji terap PJJ di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK)," Dirjen Tatang menambahkan.

Menurut Tatang, SIKK dipilih untuk uji terap PJJ ini karena menjadi salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dengan jumlah murid terbesar dibanding 12 SILN lainnya. SIKK juga memiliki jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selain itu, SIKK juga merupakan sekolah induk bagi 225 Community Learning Center (CLC) dengan jumlah siswa mencapai belasan ribu siswa. Baik yang berada di dalam ladang maupun di luar ladang. 

“Para siswa CLC ini merupakan anak pekerja migran Indonesia, seperti buruh ladang sawit, perkebunan, buruh bangunan, asisten rumah tangga, dan sebagainya," ujar Tatang. 

CLC sendiri merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk atas dasar prakarsa dari, oleh dan untuk masyarakat setempat, khususnya perusahaan perkebunan sawit, juga masyarakat lokal setempat di Sabah-Sarawak serta didukung dan dibina oleh Pemerintah Indonesia.

Menurut Tatang, saat ini banyak anak PMI yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena berbagai alasan, mulai dari terbatasnya daya tampung SMA/SMK di SIKK, hingga tidak memiliki dokumen izin tinggal serta akses yang terlalu jauh ke SIKK.

“Kami berharap strategi pendidikan jarak jauh ini dapat membantu anak-anak kita yang ada di CLC ini dan mendorong anak putus sekolah untuk mengikuti pendidikan jarak jauh,” tambah Tatang.


Kolaborasi Direktorat PKPLK dengan Satuan Pendidikan Terapkan PJJ Terus Ditingkatkan

Sementara itu, Direktur PKPLK, Saryadi, menyampaikan bahwa pasca-uji terap PJJ yang dilakukan di SIKK, rencananya PJJ secara bertahap akan direplikasi untuk sekolah-sekolah lainnya, terutama pada daerah 3T.

Model PJJ jenjang menengah yang dikembangkan ini akan dilakukan dengan blended learning system. Terkait uji terap PJJ melalui SMA Terbuka Jarak Jauh di SIKK, Direktorat PKPLK akan bekerja sama dengan SMAN 2 Padalarang sebagai pendamping pembelajaran serta pengembangan modul adaptif serta dukungan teknis dan mentoring.

“Kami juga bekerja sama dengan universitas terbuka untuk penjaminan mutu sistem PJJ serta supervisi, dan Seamolec untuk pengembangan teknologi PJJ dan peningkatan kapasitas guru,” terang Saryadi. 

Afifah Amro Amatulloh, salah satu alumnus SMA Terbuka merasakan banyak manfaat dari Pendidikan Jarak Jauh yang diselenggarakan di SMAN 2 Padalarang. Fleksibilitas waktu belajar membuat Afifah memiliki banyak waktu untuk mengembangkan potensi diri serta berbagai aktivitas positif lainnya.

“Pendidikan Jarak Jauh bisa mendukung seluruh anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan berbagai latar belakang kondisi mereka,” kata Afifah yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat.


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua 
#KemendikdasmenRamah
#HariAnakNasionalIndonesia2025
#AnakIndonesiaBersaudara

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 370/sipers/A6/VII/2025

Penulis: Morecka

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Pemerintah Perkuat Akses Pendidikan Bermutu di Kawasan 3T dan Sekolah Swasta

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 04/12/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Apresiasi Peran Guru dan Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Inklusif

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 04/12/2025

Gambar Konten Terkait
Murid Indonesia Raih Enam Medali di Ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) 2025

Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 04/12/2025