Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Lokakarya Kecerdasan Artifisial (KA) Sebagai Solusi Kemendikdasmen Perkuat Kapasitas SDM Pendidikan
Lokakarya Kecerdasan Artifisial (KA) Sebagai Solusi Kemendikdasmen Perkuat Kapasitas SDM Pendidikan

Diterbikan pada: 26 Agustus 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 27 Agustus 2025 - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) bekerja sama dengan Monash University menyelenggarakan lokakarya tentang pemanfaatan Kecerdasan Artifisial (KA) dalam pendidikan bagi pegawai. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program prioritas Kemendikdasmen terkait peningkatan kapasitas pegawai dalam hal digitalisasi pendidikan. 

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, dalam sambutannya menegaskan bahwa penguasaan KA menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki generasi muda Indonesia untuk menghadapi masa depan. “Kita mau tidak mau harus menyiapkan diri dengan kemampuan KA dan Big Data sebagai kompetensi paling dibutuhkan di masa depan dalam 5 tahun ke depan,” ujar Abdul Mu’ti di Jakarta, pada Selasa (26/8), di hadapan 80 pegawai Kemendikdasmen.

Menurut Mu`ti, penguasaan KA juga menjadi solusi dalam mengatasi kesenjangan pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Akan tetapi, ia mengingatkan, penggunaan KA harus disertai dengan etika yang kuat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi generasi mendatang.

Oleh karenanya, pelatihan KA menjadi sangat penting dalam meningkatkan kompetensi pegawai.  Sebab, KA perlu disikapi dengan bijaksana supaya dapat bermanfaat secara maksimal bagi penggunanya. “Kami berharap kedepannya, para pegawai dapat bekerja lebih efisien, semakin kuat untuk memiliki presisi sehingga dapat mengerjakan banyak hal tanpa banyak melibatkan orang lain,” tutur Menteri Mu’ti.

Sementara itu, President and Pro Vice-Chancellor of Monash University, Matthew Nicholson menyampaikan apresiasi pemerintah Indonesia yang peduli pada peningkatan kapasitas pegawai terkait KA. Dengan bangga, Matthew menyampaikan kegembiraannya atas kepercayaan yang diberikan Kemendikdasmen kepada Monash University. “Kami sangat bangga karena Monash University telah meluluskan lebih banyak mahasiswa Indonesia dibandingkan universitas asing negara lainnya. Kehadiran kampus kami di Indonesia sejak 2021 adalah bentuk nyata dari dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia selama lebih dari 65 tahun,” ungkap Nicholson.

“Kami di Monash University sangat bersemangat menyambut peluang-peluang baru ke depan, khususnya dalam pemanfaatan KA di dunia pendidikan. Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata kami bagi pembangunan masyarakat yang sejahtera di Indonesia,” tambahnya.

Salah satu peserta lokakarya yang merupakan pegawai dari Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM), Nur Amrizal, menyampaikan rasa syukurnya karena mendapat kesempatan untuk mengikuti program pelatihan KA. “Kebetulan karena saya bertugas di PPSDM, tentunya pengalaman dan pengetahuan terkait dengan pemanfaatan KA di lingkungan pendidikan akan sangat menambah wawasan,” ucap Amrizal.

Amrizal menambahkan beberapa kemudahan pekerjaan yang ia rasakan dengan menggunakan teknologi KA. “AI ini bisa jadi teman diskusi yang baik, misalnya saat membuat desain pembelajaran. Hasilnya sangat membantu. Selain itu, teknologi ini mampu mempercepat pengolahan data sekaligus meningkatkan kualitas kerja pegawai,” ujarnya yang merasa teknologi KA memberikan inspirasi untuk mengembangkan output pekerjaannya. 

Hal yang sama diungkapkan oleh pegawai dari Direktorat KSPSTK GTK, Walmah Ni’maturrohmah. Ia mengatakan pelatihan ini membuka wawasan baru tentang kompetensi KA yang dibutuhkan guru dan murid saat ini. “Menariknya, kita banyak berdiskusi terkait kebutuhan guru dan murid terkait kompetensi AI sehingga kita bisa membuat program yang dapat merancang program lebih jelas dan mendeskripsikan program tersebut dari perencanaan sampai impelementasi di lapangan,” ungkap Walmah.


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen 
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen 
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 485/sipers/A6/VIII/2025

Penulis: Ririn Ramandani

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kolaborasi Lintas Sektor Wujudkan Sukses Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/10/2025

Gambar Konten Terkait
Pastikan Kesiapan Tes Kemampuan Akademik 2025, Kemendikdasmen Gelar Rapat Koordinasi

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/10/2025

Gambar Konten Terkait
GSI 2025: Sinergi Kemendikdasmen, Kemenpora, dan PSSI Bina Calon Garuda Muda

Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 24/10/2025