Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Wamendikdsmen Atip: Transparansi Dana BOSP dan Validitas Dapodik sebagai Fondasi Pendidikan Bermutu
Wamendikdsmen Atip: Transparansi Dana BOSP dan Validitas Dapodik sebagai Fondasi Pendidikan Bermutu

Diterbikan pada: 11 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Kabupaten Tangerang, 11 September 2025 — Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direkotat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) menggelar Sosialisasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Tahun 2025 di Kabupaten Tangerang, Banten, pada 9–12 September 2025.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Atip Latipulhayat, serta dihadiri oleh jajaran pimpinan dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, operator data pendidikan, hingga Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Wamen Atip menegaskan bahwa Dana BOSP dan Dapodik merupakan dua instrumen utama dalam menjaga keberlangsungan layanan pendidikan. “Dana BOSP adalah instrumen strategis untuk memastikan sekolah tetap dapat beroperasi dengan dukungan biaya operasional yang adil, transparan, dan merata. Sedangkan Dapodik menjadi tulang punggung data pendidikan agar setiap kebijakan berbasis data yang akurat,” ujar Wamen Atip, pada Selasa (9/9).

Wamen Atip  juga menyampaikan sejumlah program prioritas Kemendikdasmen yang sedang berjalan, di antaranya, 1) Revitalisasi sekolah, lebih dari 13.000 satuan pendidikan telah direvitalisasi, dengan anggaran Rp16,9 triliun di 552 pemerintah daerah, 4.818 kecamatan, dan 9.183 desa. Program ini tidak hanya membangun sarana fisik, tetapi juga memperkuat kurikulum, kompetensi guru, serta hubungan sekolah dengan masyarakat.

Selanjutnya, 2) Digitalisasi pendidikan, sekitar 300 ribu satuan pendidikan akan mendapatkan dukungan digitalisasi pembelajaran untuk menunjang guru dan murid memperkuat literasi dan numerasi yang memanfaatkan teknologi digital; 3) Pembelajaran mendalam, sebagai bentuk strategi perbaikan pembelajaran yang lebih bermakna, dan berkesadaran mewujudkan delapan profil lulusan.

Lalu, 4) Dana BOSP, sebagai dana yang strategis, hadir untuk menjaga eksistensi sekolah dengan pemberian biaya operasional, sementara Dapodik untuk memastikan setiap anak dan setiap sekolah tercatat, terdata, dan terlayani. Dengan data yang akurat dan pendanaan yang tepat sasaran, kita dapat memastikan bahwa anak-anak di kota maupun desa, di sekolah besar maupun kecil, memiliki pijakan yang sama untuk meraih masa depan yang lebih baik. 

“Di tengah dinamika sosial dan tantangan zaman, sekolah harus menjadi ruang aman bagi anak-anak. Saya berpesan kepada dinas pendidikan agar melindungi peserta didik dari provokasi, disinformasi, dan pengaruh negatif, baik dari jalanan maupun dari derasnya arus digital,” tambah Wamen Atip.

Sebelumnya, Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Gogot Suharwoto, dalam laporannya menyampaikan bahwa Dapodik dan Dana BOSP ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. “Dapodik menyediakan data yang akurat dan mutakhir sebagai dasar perencanaan, sementara Dana BOSP menjadi instrumen pendanaan strategis yang memastikan setiap anak Indonesia mendapat layanan pendidikan tanpa terkecuali,” ujar Gogot.

Lebih lanjut, Gogot mengatakan bahwa kualitas data Dapodik saat ini berada pada tingkat yang cukup baik, dengan nilai kelengkapan 88,6, validitas 77,8, dan mutakhir 87,7. Namun, perbaikan terus diperlukan untuk menjaga konsistensi, ketepatan, dan pemutakhiran data. “Adapun tantangan besar Dapodik adalah menjaga kualitas data yang konsisten dan tepat waktu, agar benar-benar menjadi dasar kebijakan pendidikan yang akurat,” ucapnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan menyampaikan kebijakan terbaru sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendikdasmen) Nomor 8 Tahun 2025, memberikan penguatan teknis pendataan satuan pendidikan, serta membahas isu-isu strategis terkait pelaksanaan program BOSP.

Menutup sambutannya, Wamen Atip menekankan pentingnya sinergi seluruh pihak. “Pendidikan bermutu untuk semua hanya bisa terwujud dengan kerja sama dan gotong royong antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat luas. Mari kita buktikan, meskipun ada krisis di luar sana, pendidikan tetap melaju,” tegasnya.*** (Penulis dan Fotografer: Rayhan P/Editor: Denty A., Seno H.)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Lampiran

Penulis: Rayhan Parady

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta Bersyukur Rasakan Manfaat Program Revitalisasi Satuan Pendidikan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen

Diterbitkan pada : 27/10/2025

Gambar Konten Terkait
Kolaborasi Lintas Sektor Wujudkan Sukses Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/10/2025

Gambar Konten Terkait
Pastikan Kesiapan Tes Kemampuan Akademik 2025, Kemendikdasmen Gelar Rapat Koordinasi

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/10/2025