Diterbikan pada: 13 November 2025
Jakarta, 13 November 2025 - Setelah berhasil menjangkau 6,7 juta guru dan murid sejak tahun 2022, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) bersama Canva memperpanjang kerja sama untuk memperluas akses gratis ke alat desain Canva yang intuitif dan didukung Kecerdasan Buatan (AI) untuk para guru dan murid di seluruh Indonesia. Penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) tentang Dukungan Pengembangan Platform Kementerian melalui Digitalisasi Pembelajaran dilaksanakan pada Selasa (11/11) di Plaza Insan Berprestasi, Jakarta. Dalam sambutannya, Mendikdasmen Abdul Mu'ti menekankan pentingnya peran Canva dalam mendorong kreativitas guru serta menciptakan pembelajaran yang reflektif, bermakna, dan menggembirakan. “Saya menyaksikan bagaimana Canva memberikan makna penting dalam mendorong kreativitas para guru dan membuat pembelajaran yang reflektif, bermakna, dan menggembirakan. Dan ini adalah contoh bagaimana teknologi dapat menjangkau yang tidak terjangkau dan membuat pembelajaran menjadi sangat inspiratif dan sangat menggembirakan,” ujarnya saat membuka kegiatan. Sekretaris Jenderal Kemendikdasmen, Suharti, turut menyampaikan bahwa transformasi pendidikan tidak mungkin dilakukan sendirian. Kolaborasi hari ini adalah bukti bahwa Partisipasi Semesta bukan sekadar jargon, melainkan salah satu manifestasi nyata di mana sebuah kolaborasi yang hidup, yang tumbuh bersama guru, dan memberi dampak nyata bagi jutaan pembelajar di seluruh Indonesia. “Terima kasih kepada Canva atas komitmen dan dukungan yang berkelanjutan, dan terima kasih yang tulus kepada seluruh Bapak Ibu guru di manapun Anda berada, karena di tangan Bapak dan Ibu-lah masa depan anak-anak kita terus hidup dan bertumbuh,” ucapnya. Setelah Presiden Prabowo Subianto menyatakan bahwa digitalisasi menjadi satu dari empat prioritas utama kabinetnya, Kemendikdasmen berupaya menjadikan proses belajar lebih relevan, berkualitas, dan setara untuk seluruh murid. Kerja sama dengan Canva sangat membantu mewujudkan visi tersebut. Dengan memadukan teknologi, kreativitas, dan kolaborasi, Canva bersama Kemendikdasmen telah memfasilitasi guru dan murid dengan beragam alat yang mereka perlukan untuk meraih keberhasilan di tengah iklim dunia yang cepat berubah. Sejak dimulai, kolaborasi ini telah menghasilkan lebih dari 300 juta desain pembelajaran yang tercipta di ruang-ruang kelas Indonesia. Apresiasi Inovasi dan Dampak Positif dalam Pendidikan Sebagai bagian dari kolaborasi, Kemendikdasmen bersama Canva menyelenggarakan acara berjudul “Konferensi Pendidikan dan Gelar Karya” bertema Guru Hebat, Indonesia Cerdas, yang menjadi rangkaian dari perayaan Hari dan Bulan Guru Nasional 2025 yang diadakan di Plaza Insan Berprestasi. Konferensi ini bertujuan untuk mengapresiasi serta memperkuat peran guru dalam transformasi digital di Indonesia. Pembuat kebijakan, akademisi, serta tenaga pendidik akan berkumpul untuk mencari tahu bagaimana inovasi, teknologi, dan kreativitas mampu membuat proses belajar lebih menarik dan bermakna. Konferensi ini menghadirkan panelis yang berbicara tentang strategi, kebijakan, dan teknologi pembelajaran digital, kemudian ada juga diskusi seputar kisah guru-guru yang inspiratif. Pameran proyek dari Guru Duta Canva menyoroti apa saja perubahan yang telah dibawa oleh Canva Pendidikan di dalam kelas, seta menawarkan ide-ide baru dan alat praktis untuk merombak proses belajar di seluruh Indonesia. Salah satu karya inspiratif dari Guru Duta Canva adalah program SIAP PURNAMA 7, yaitu gerakan transformasi karakter bangsa yang digagas oleh Setia Wati, guru SD Negeri 001 Lubuk Terap, Riau. Gerakan ini merupakan sinergi Catur Pusat Pendidikan yaitu sekolah, orang tua, masyarakat, dan mitra/media yang menumbuhkan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Melalui dukungan teknologi dan kecerdasan buatan melalui Canva dan Google Workspace berbasis akun belajar.id serta pendekatan reflektif dan mentoring, program SIAP PURNAMA 7 membuat guru lebih mudah menganalisis data kebiasaan siswa serta menindaklanjuti hasilnya sebagai bagian dari asesmen pembentukan karakter. Dengan jumlah lebih dari 2,7 juta guru yang menggunakan Canva Pendidikan, Indonesia kini menjadi pengguna Canva Pendidikan terbesar di Asia dan ketiga terbesar di dunia. Di skala dunia, Canva telah mendukung lebih dari 100 juta guru, murid, dan pimpinan di bidang pendidikan setiap bulannya di lebih dari 190 negara. Mengenai Canva Canva adalah platform komunikasi visual dan kolaborasi global yang diluncurkan pada tahun 2013. Canva menyediakan berbagai alat desain yang mudah digunakan untuk individu, tim dan lembaga pendidikan. Didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (AI) serta pustaka konten kreatif yang lengkap, Canva membantu jutaan pengguna di seluruh dunia untuk berkreasi, berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif.*** (Penulis: Tim Pusdatin, Canva, Rona Uly/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Irfan, Morecka) #PendidikanBermutuuntukSemua
Pimpinan Regional Canva Pendidikan untuk wilayah Asia Pasifik dan Jepang, Megan Townes, menjelaskan bahwa Kerja sama ini bertujuan untuk membuka potensi dalam skala besar di Indonesia. “Apabila guru memiliki alat yang bisa menghemat waktu dan mencetuskan kreativitas, lalu murid punya platform yang membantu mereka berkreasi dengan penuh percaya diri, dampaknya akan bisa dirasakan sampai ke luar kelas. Dengan memperpanjang kerja sama kami dengan Kemendikdasmen, jutaan pendidik dan peserta didik lainnya di seluruh Indonesia akan diberdayakan untuk belajar, berkarya, dan meraih keberhasilan di dunia digital,” tutur Megan.
Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Laman: kemendikdasmen.go.id
X:x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers
#KemendikdasmenRamah
Sumber: Nomor: 781/sipers/A6/XI/2025
Penulis: Uly
Editor: Denty Anugrahmawaty
Guru Sekolah Kejuruan
Ruang GTK
GTK
Guru PAUD
Guru Dikdasmen