Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Kemendikdasmen Kembangkan Layanan Pengaduan melalui Kanal WhatsApp

Diterbitkan pada: 07/07/2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, Kemendikdasmen – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Unit Layanan Terpadu (ULT) terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan responsif kepada masyarakat, khususnya dalam menyampaikan informasi program/kebijakan kementerian yang valid, akurat, dan tuntas. 

Salah satunya adalah dengan terus mengembangkan layanan pengaduan publik melalui kanal baru WhatsApp dengan nomor 081218040427 yang juga dapat diakses dengan mengunjungi laman ult.kemendikdasmen.go.id. Pada laman tersebut juga tersedia fitur pelacakan laporan untuk mengetahui informasi penyelesaian kendala yang dilaporkan.

“Responsif bukan hanya berarti cepat, tetapi juga menyelesaikan masalah dan memberikan informasi yang tervalidasi kepada masyarakat,” demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendikdasmen, Suharti, saat meninjau layanan contact center ULT Kemendikdasmen di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Kemendikdasmen juga menyadari bahwa pada saat musim penerimaan murid baru terdapat potensi peningkatan pertanyaan dan keluhan dari masyarakat. Oleh karena itu, laporan dari petugas ULT sangat penting sebagai umpan balik langsung evaluasi kebijakan. 

“Apakah masalahnya karena kebijakannya belum tepat atau komunikasi publiknya yang kurang tersampaikan, itu semua menjadi masukan untuk kami,” lanjut Suharti.

Ia pun menyoroti pentingnya koordinasi antara bagian front office dan back office di ULT untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Di akhir sesi kunjungan, Suharti menyemangati para petugas ULT untuk bekerja dengan hati dan tidak menyimpan aduan bernada negatif dalam hati. Selanjutnya, ia meminta seluruh tim ULT untuk terus menjaga komunikasi internal yang harmonis guna memastikan layanan yang diberikan berjalan optimal.*** (Penulis: Anwar/Editor: Destya, Denty A.)

Penulis: Editor_BKHM

Editor: Denty Anugrahmawaty

Berita Terkait