Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Informasi Publik
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Kemendikdasmen dan British Council Tingkatkan Kualitas Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia
Kemendikdasmen dan British Council Tingkatkan Kualitas Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia

Diterbikan pada: 22 Januari 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 22 Januari 2025 – Pentingnya kemampuan bahasa Inggris yang semakin meningkat dalam mendukung pencapaian akademik dan profesional siswa telah mendorong upaya kolaboratif antara Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia (Kemendikdasmen) dan Pemerintah Inggris, melalui British Council. Sebagai respons terhadap diperkenalkannya kembali bahasa Inggris sebagai mata pelajaran di sekolah dasar, kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat dasar pendidikan bahasa Inggris di sekolah dasar dan menengah dengan meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pengajaran mereka.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, kontribusi Pemerintah Inggris melalui British Council mendukung Kemendikdasmen dalam meningkatkan kompetensi guru bahasa Inggris yang berpeluang dikembangkan lebih lanjut agar memberikan manfaat kepada hingga 180.000 guru bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar dan menengah. Kemitraan ini menghasilkan dua inisiatif utama: sebuah studi analisis kebutuhan untuk memahami lebih dalam kebutuhan pengembangan profesional guru Bahasa Inggris yang sudah mengajar di tingkat sekolah dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, dan SMK), serta program uji coba pengembangan profesional berkelanjutan secara daring untuk guru-guru di tingkat tersebut, yang dilengkapi dengan program pengembangan kapasitas untuk pendidik guru.

Studi yang berjudul “Development of Continuing Professional Development (CPD) programme models for in-service primary and secondary English language teachers in Indonesia: Needs analysis – findings and recommendations", menyoroti tantangan utama yang dihadapi oleh para guru serta peluang untuk pengembangan profesional mereka. Tantangan tersebut mencakup keterbatasan akses ke program Pengembangan Profesional Berkelanjutan (CPD), hambatan partisipasi sosial ekonomi dan gender, serta kebutuhan akan peningkatan literasi digital. Data yang dikumpulkan dari berbagai wilayah di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur memberikan wawasan dan rekomendasi untuk perumusan kebijakan yang lebih efektif serta desain program CPD yang lebih baik di masa mendatang.

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, mengungkapkan apresiasi dan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini, dengan menyoroti pentingnya studi ini dalam perumusan kebijakan. Beliau mengatakan, bahwa Kemendikdasmen mencatat terdapat 498 guru dan 34 pendidik guru di seluruh Indonesia telah berhasil dilatih dalam kolaborasi ini.

Tidak hanya itu, ucap Menteri Mu’ti, sebuah laporan analisis telah berhasil disusun yang menyoroti beberapa temuan terkait tantangan dan rekomendasi untuk program peningkatan kompetensi lebih lanjut bagi guru bahasa Inggris di Indonesia.

“Melihat hasil yang baik dari kemitraan antara Kemendikdasmen dan British Council selama satu tahun terakhir, kami berharap kerja sama dapat dilanjutkan untuk menerjemahkan hasil analisis tertulis menjadi solusi yang benar-benar dapat diterapkan untuk memberdayakan para guru bahasa Inggris,” kata Menteri Mu’ti di Jakarta, Selasa (21/1).

Pada kesempatan yang sama, Country Director Indonesia and Director South East Asia, British Council, Summer Xia, mengatakan bahwa temuan ini sangat penting untuk mengidentifikasi kebutuhan para guru bahasa Inggris dalam mengembangkan kemahiran bahasa Inggris, pengetahuan pedagogis, dan keterampilan mengajar mereka, serta menyoroti pentingnya mengatasi tantangan yang terkait dengan kesetaraan, keterhubungan, gender, literasi digital, sosial ekonomi, dan peluang pendidikan.

“Dengan melakukan hal ini, kami ingin mengupayakan agar semua guru di seluruh Indonesia memiliki kesempatan untuk mengikuti pengembangan profesional berkelanjutan dan memberikan pendidikan bahasa Inggris berkualitas tinggi kepada siswa mereka. Studi analisis kebutuhan ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan program pengembangan profesional guru bahasa Inggris di Indonesia di masa depan," tuturnya.

Sementara itu, Dominic Jermey, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, menyimpulkan bahwa Pemerintah Inggris berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan pendidikannya. “Kemitraan kami dengan British Council dalam inisiatif ini mencerminkan dedikasi kami untuk memperkuat hubungan bilateral dan berinvestasi dalam masa depan Indonesia. Kami yakin bahwa guru bahasa Inggris yang terampil merupakan aset penting bagi kesuksesan siswa dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkasnya.





Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: kemdikbud.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#PendidikanBermutuUntukSemua
#KemendikdasmenRamah


Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 32/sipers/A6/I/2025

Sumber: Kemendikdasmen

Penulis: Pengelola Siaran Pers

Editor: Editor BKHM

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen dan Pemangku Kepentingan Komitmen Perkuat Kedaulatan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 02/08/2025

Gambar Konten Terkait
Empat Inovasi Kemendikdasmen Tembus Final Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2025

Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Diterbitkan pada : 01/08/2025

Gambar Konten Terkait
LKS Tingkat Nasional Jenjang Dikmen 2025 Lahirkan Talenta Hebat Murid Indonesia

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 01/08/2025