Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Revitalisasi SLB Hadir di Subang: Sekolah Lebih Nyaman, Semangat Belajar Meningkat
Revitalisasi SLB Hadir di Subang: Sekolah Lebih Nyaman, Semangat Belajar Meningkat

Diterbikan pada: 13 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Kabupaten Subang, 13 Oktober 2025 —  Pemerintah terus memperkuat upaya pemerataan pendidikan bermutu melalui revitalisasi satuan pendidikan, sebagai bagian dari Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) yang diluncurkan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto. Program ini menjadi langkah konkret untuk menghadirkan fasilitas pendidikan yang memastikan seluruh anak Indonesia, termasuk penyandang disabilitas, dapat belajar dalam lingkungan yang aman dan nyaman.

Sejak diluncurkan pada Mei 2025, program revitalisasi satuan pendidikan telah menjangkau ratusan satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Secara nasional, sebanyak 382 SLB mendapatkan bantuan perbaikan infrastruktur. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) pun menargetkan program revitalisasi bangunan sekolah untuk SLB di seluruh Indonesia dapat rampung seluruhnya pada akhir Desember 2025.

“Dari 382 SLB yang ada, pada bulan Oktober ini kami menargetkan sekitar 216 sekolah sudah mencapai kemajuan fisik minimal 50 persen,” ujar Direktur Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus, Saryadi, di Subang, Jawa Barat, Senin (13/10).

Di Subang sendiri, terdapat dua sekolah penerima bantuan revitalisasi, yaitu SLB Negeri Trituna Subang dan SLB Al-Islah Purwadadi. Di SLB Negeri Trituna Subang, revitalisasi telah berjalan selama dua bulan dengan progres mencapai 70 persen. Sekolah ini menerima bantuan sebesar Rp390 juta untuk rehabilitasi empat ruang kelas, satu ruang pembelajaran khusus, satu ruang administrasi, dan satu toilet.

Kepala Sekolah SLB Negeri Trituna Subang, Lela Latifah, menyampaikan bahwa revitalisasi membawa dampak besar terhadap semangat belajar siswa dan kinerja guru, terutama dengan  ruangan yang menunjang dan fasilitas yang tempat pembelajaran.

“Sebelum revitalisasi, sebagian kelas memang sangat kumuh karena hujan dan banyak yang bocor, sebagian atap pun plafonnya juga ada yang jatuh. Sehingga ketika ada program revitalisasi bisa kami ajukan. Jadi kelas-kelas yang tadinya memang membutuhkan perbaikan, dengan revitalisasi ini kita perbaiki,” ungkap Lela.

SLB Negeri Trituna Subang memiliki 146 siswa dari jenjang SD, SMP, hingga SMA, dengan 22 tenaga pendidik. Revitalisasi sekolah juga memperhatikan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, sehingga seluruh siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan mandiri.

Manfaat revitalisasi tak hanya dirasakan oleh warga sekolah, tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah Baisnu, yang bertugas menjadi mandor proyek. Ia menyebut bahwa ada sekitar 40 pekerja yang ditugaskan saat awal pembangunan, dan 60 persen di antaranya merupakan warga sekitar.

Salah satu siswa SLB Negeri Trituna Subang, Raka, turut merasakan perubahan nyata di sekolahnya. “Senang karena lebih terbantu untuk akses jalur ke kelas dan musholla. Sekolahnya jadi lebih bagus dan baik,” ujarnya dengan antusias.

Dukungan juga datang dari para orang tua murid. Dini, salah satu orang tua siswa, menyambut baik program revitalisasi yang dilaksanakan di sekolah anaknya. Dengan adanya program revitalisasi ini, ia merasa lebih tenang melihat anak-anak belajar di tempat yang layak. 

“Saya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam untuk Bapak Presiden, Pak Menteri, dan semua yang peduli kepada sekolah anak-anak kami. Semoga ke depannya semakin sukses, dan sekolah-sekolah yang memang memerlukan bantuan segera terealisasi,” ucap Dini. 

Melalui program revitalisasi satuan pendidikan, pemerintah berkomitmen mewujudkan pendidikan inklusif dan bermutu untuk semua. Subang menjadi contoh nyata bagaimana revitalisasi tidak hanya memperkuat infrastruktur pendidikan, tetapi juga menumbuhkan semangat belajar, mempererat hubungan sosial, dan menghadirkan harapan baru bagi masa depan anak-anak Indonesia.*** (Penulis: Stephanie/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Nurlaili)

 


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 655/sipers/A6/X/2025

Penulis: Stephanie Westiana

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Siapkan Guru Profesional, Kemendikdasmen Buka Seleksi PPG bagi Calon Guru Tahun 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait

Kemendikdasmen Perkuat Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi untuk Ekosistem Pangan Nasional

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen: Pegawai Harus Bekerja Mengutamakan Budaya Kerja Ramah dan Santun

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/10/2025