Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Semangat Baru Siswa SLB Negeri Tritura karena Belajar Menggunakan IFP
Semangat Baru Siswa SLB Negeri Tritura karena Belajar Menggunakan IFP

Diterbikan pada: 13 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Kabupaten Subang, 13 Oktober 2025 —  Transformasi pendidikan terus bergerak menuju arah yang lebih modern dan inklusif melalui pemanfaatan teknologi digital di ruang kelas. Pada tahun 2025, Direktorat Jenderal Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menargetkan 27.843 satuan pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerima dukungan program digitalisasi pembelajaran.

Sasaran program tersebut mencakup 14.451 SMK, 2.379 SLB, 10.506 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan 507 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Langkah ini menjadi bagian penting dari komitmen Kemendikdasmen dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pemerataan akses teknologi pembelajaran di seluruh jenjang.

Salah satu penerima manfaat program ini adalah SLB Negeri Trituna Subang, yang kini telah dilengkapi dengan perangkat Interactive Flat Panel (IFP) sebagai media pembelajaran interaktif di kelas. Kehadiran teknologi ini membuat proses belajar menjadi lebih menarik, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan siswa penyandang disabilitas.

Guru kelas SLB Negeri Trituna, Edwin Waliudin, menyebut bahwa penggunaan IFP memberi kemudahan dalam proses pembelajaran. "IFP mendukung proses pembelajaran anak, menjadi lebih menarik," tuturnya.

Irfan, salah satu siswa SLB Negeri Trituna Subang, mengaku pembelajaran dengan IFP terasa lebih jelas dan membuatnya semakin bersemangat, terutama saat mempelajari mata pelajaran favoritnya, matematika.

Sementara itu, Raka, siswa kelas X penyandang tunanetra, menyampaikan bahwa fitur talkback pada IFP memberikan kemudahan besar baginya dalam mengikuti pembelajaran.

“Talkback itu panduan suara untuk tunanetra. Jadi belajar lebih seru dan menarik. Dengan IFP, baik tunanetra maupun penyandang disabilitas lainnya bisa ikut belajar dan punya kesempatan yang sama,” ujarnya.

Melalui program digitalisasi pembelajaran ini, Kemendikdasmen berharap seluruh satuan pendidikan dapat terus berinovasi dan menghadirkan lingkungan belajar yang inklusif, di mana setiap siswa, tanpa terkecuali, dapat berkembang sesuai potensinya dan siap menghadapi tantangan masa depan.*** (Penulis: Stephanie/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Nurlaili)

 

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: http://kemendikdasmen.go.id
X: http://x.com/Kemdikdasmen
Instagram: http://instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: http://facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: http://ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: http://kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 656/sipers/A6/X/2025

Penulis: Stephanie Westiana

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Siapkan Guru Profesional, Kemendikdasmen Buka Seleksi PPG bagi Calon Guru Tahun 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait

Kemendikdasmen Perkuat Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi untuk Ekosistem Pangan Nasional

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen: Pegawai Harus Bekerja Mengutamakan Budaya Kerja Ramah dan Santun

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/10/2025